Cara Menyikat Gigi yang Benar

cara menyikat gigi yang benar


Cara menyikat gigi yang benar sangat penting diperhatikan agar deret gigi rapi nan bersih bukan lagi sekedar impian. Gigi yang tidak dirawat bisa menimbulkan rasa sakit yang cukup mengganggu aktivitas.

Nggak heran bila banyak orang tua yang begitu memperhatikan persoalan gigi sejak anak masih bayi. Simak yuk cara menyikat gigi yang benar lewat pembahasan di bawah ini.

Pentingnya Menyikat Gigi yang Benar


Manfaat menyikat gigi secara teratur antara lain untuk menghilangkan kotoran, sisa-sisa makanan yang tertinggal. Sisa tersebut jika tidak dibersihkan dengan baik dapat menyebabkan karang gigi lho. Karang tersebut bisa menjadikan nafas bau.

Tips Agar si Kecil Rajin Gosok Gigi

Melihat pentingnya menjaga kesehatan gigi, tak sedikit orang tua yang begitu memperhatikan dan membiasakan si kecil untuk menggosok gigi dengan benar.

Menggosok gigi dengan rajin pun tidak akan memberikan hasil yang optimal jika hanya sekedar gosok gigi.

Cara Menyikat Gigi yang Benar

Berikut ini langkah-langkah dalam cara menyikat gigi yang benar agar kebersihan dan kesehatan gigi bisa optimal.


  • Perhatikan cara memegang sikat gigi. Genggam gagang sikat gigi lalu letakkan bulu sikat di atas permukaan gigi dengan posisi membentuk sudut 45 derajat.
  • Sikat gigi bagian depan dengan gerakan melingkar (bulat-bulat) berlawanan arah dengan jarum jam kuang lebih 20 detik. Berikutnya gigi bagian belakang yang disikat dengan gerakan maju mundur. Sedangkan untuk gigi seri, pegang sikat secara vertikal lalu gunakan ujung kepala sikat dengan gerakan atas bawah.
  • Berikutnya bersihkan lidah. Agar gigi bersih maksimal, jangan lupa bersihkan sela gigi dengan benang gigi. Nah, terakhir kumur-kumur.
Saat menyikat gigi, jangan terlalu keras menggosokkan bulu sikat karena bisa menyebabkan luka hingga mengikis lapisan pelindung gigi yang bisa memicu terjadinya gigi sensitif.

Kesimpulan

Menyikat gigi adalah kegiatan yang harus dilakukan secara rutin sebagai salah satu upaya menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Namun, Anda perlu menerapkan cara menyikat gigi yang benar agar hasil yang didapat bisa optimal. Teman-teman bisa menggunakan poster tentang cara menyikat gigi yang benar yang banyak tersedia di marketplace.

Referensi :
https://www.alodokter.com/jangan-asal-asalan-begini-cara-menyikat-gigi-yang-tepat
https://www.pexels.com/id-id/foto/cinta-orang-orang-wanita-gadis-7979784/

Posting Komentar untuk "Cara Menyikat Gigi yang Benar"