Sat Set Antar Jemput Anak Berkat Servis Motor Rutin

Oli motor matic

Aktivitas sebagai ibu pasti nggak jauh-jauh dari urusan antar jemput anak. Hal tersebut sudah menjadi rutinitas saya terlebih semenjak anak masuk sekolah dasar.

Berusaha banget memanfaatkan waktu dengan efektif apalagi jarak sekolah dengan tempat saya tinggal lumayan jauh. Agar bisa sat set, kondisi mesin motor yang prima menjadi hal yang tidak bisa ditawar lagi.

Bagian Motor yang Wajib Dicek Ketika Servis, Jangan Sampai Terlewat!

Dalam mobilitas sehari-hari saya banyak mengandalkan sepeda motor matic karena praktis. Servis motor menjadi hal yang dilakukan rutin apalagi sepeda motor matic saya keluaran tahun lama.

Bagian apa saja yang perlu dicek? Berikut 8 bagian pentingnya!

  • Oli Mesin

Oli motor matic memiliki peran penting dalam kenyamanan motor saat digunakan. Oli berfungsi sebagai pendingin, pelumas dan pelindung mesin.

Pabrikan rata-rata merekomendasikan penggantian oli mesin setelah motor menempuh jarak 2500 km. Tetapi dalam beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan otomotif yang memberi rekomendasi penggantian oli mesin setelah mencapai 5000 km alias 2x lebih lama dibanding penggantian oli biasa.

Hal ini karena oli yang digunakan sudah memakai teknologi ester yang merupakan base oil tertinggi di kelas oli. Saat ganti oli, kita hanya perlu membayar harga oli dan jasa penggantinya. 

  • Oli Gardan

Berikutnya, saat servis wajib mengganti oli gardan karena fungsinya yang tak kalah penting dengan oli mesin. Fungsi oli gardan yaitu melumasi gear yang berada di CVT (Continuously Variable Transmission).

Adapun penggantiannya menggunakan rumus 2x ganti oli mesin lalu dibarengi 1x ganti oli gardan.

  • Busi

Busi menjadi bagian berikutnya yang wajib diperiksa secara berkala. Fungsi busi pada kenyamanan motor sangat vital karena akan mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala.

Jika busi bermasalah, ya motor tidak bisa digunakan. 

  • Kampas Rem

Rem yang pakem menjadi salah satu syarat berkendara secara nyaman dan sat set. So, penting sekali memastikan kampas rem dalam kondisi baik agar bisa tenang saat digunakan.

Jadi jangan lupa memeriksa bagian rem ya saat servis rutin! 

  • Aki

Part berikutnya yang perlu diperhatikan ialah bagian aki atau accu. Aki memiliki peran tak kalah penting penting untuk meningkatkan kenyamanan ketika berkendara.

Jika bagian aki bermasalah, ibu-ibu nggak akan bisa duduk cantik saat akan menyalakan mesin karena harus ngengkol.

Tegangan aki saat mesin mati idealnya berada di 12.3-12.6 volt, sementara saat menyala aki memiliki tegangan sebesar 13.7-14.2 volt. 

Jika tegangannya tidak sesuai dengan angka tersebut, terdapat kebocoran ataupun kondisi terminal berkarat, mekanik akan melakukan pemeriksaan detail. Saat kondisi sudah tidak layak artinya aki harus diganti agar bisa nyaman dipakai.

  • Filter Udara

Kotoran yang masuk ke dalam mesin bisa menyumbat system injeksi dan karburator sehingga filter udara memegang peranan yang sangat penting. Mekanik akan memeriksa terlebih dahulu sebelum memutuskan filter-nya perlu diganti atau cukup dibersihkan saja.

  • Ban

Jika ban sudah mulai gundul artinya perlu diganti karena bisa berbahaya saat kendaraan digunakan. Namun pemeriksaan ban tidak sebatas tampilan fisiknya lho, mekanik juga akan memfokuskan pemeriksaan tekanan udara di dalam ban.

  • Tune up Rutin

Servis tune up merupakan servis menyeluruh karena memeriksa semua komponen, terutama komponen yang memengaruhi performa mesin secara keseluruhan. Pemeriksaan akan fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan saringan udara (karburator) hingga pemeriksaan tegangan rantai, rem dan klakson.

Kadang servis tune up juga disertai dengan penggantian oli mesin, oli gardan dan penggantian spare part lainnya. Mekanik biasanya akan menginformasikan terlebih dahulu pada pelanggan sebelum mengganti ataupun melakukan perbaikan.

Selektif Memilih Bengkel Servis Motor Terbaik

Perlu kehati-hatian saat memilih tempat servis karena akan berpengaruh pada kenyamanan motor. Planet Ban menjadi rekomendasi bengkel motor yang bisa diandalkan. 

Di Planet Ban, kamu bisa servis motor rasa mesin baru. Tujuan servis motor ini untuk meningkatkan performa dan ketahanan mesin motor dengan cepat namun biaya lebih hemat. 

Fokus servis motor rasa baru terletak pada bagian-bagian vital namun tersembunyi yang kadang terlewat saat servis, termasuk bagian-bagian yang jarang dicek dan disetel rutin. 

Lalu kenapa harus ke Planet Ban?

  1. Planet Ban menggunakan oli dan cairan khusus teknologi terkini sehingga bisa membuat mesin motor menjadi lebih awet atau jarang rusak karena bisa meningkatkan performa serta melindungi mesin. 
  2. Servis di Planet Ban ditambah dengan penggunaan suku cadang asli akan membuat pemakaian lebih nyaman, mesin tahan lama, mesin dingin dengan tarikan enteng. 
  3. Kamu cukup mengganti oli dalam rentang 4-6 bulan sekali atau setelah mencapai jarak tempuh 5000 km. Hemat waktu dan uang karena tidak perlu sering ke bengkel. 
  4. Turut menjaga lingkungan dengan mengurangi polusi dan emisi yang berasal dari motor. 

Keunggulan Servis Motor di Planet Ban

Mekanik Planet Ban akan memeriksa seluruh bagian mesin sehingga mesin akan terasa seperti baru. Kepala silinder, blok CVT, piston, klep mesin, throttle body, semua bersih dari sisa pembakaran, kotoran dan debu. 

Dengan servis di Planet Ban yang bikin motor terasa baru karena tarikan lebih enteng, lebih hemat BBM, emisi turun hingga lebih dari 70% dan mesin bersih total. 

Dengan paket selengkap itu, harga servis di Planet Ban terjangkau banget lho. Servis motor injeksi cuma Rp 20.000,- servis CVT plus rantai Rp 19.500,- dan servis throttle body cuma Rp 20.000,-

Itulah bagian mesin motor yang wajib diperiksa secara rutin saat servis. Biar sat set karena kondisi mesin prima, servis motor di Planet Ban nggak boleh kelewat pokoknya. 

5 komentar untuk " Sat Set Antar Jemput Anak Berkat Servis Motor Rutin"

Comment Author Avatar
Setuju banget aku mba. Motor emang kudu rajin diservis biar greng terus tiap hari. Sebagai macan ternak kita harus ready terus antar jemput genk bocil ya. Kalau motor ngadatan mah bisa berabe. Btw aku puas banget servis di Planet Ban loh mbaaa. Top markotop pokoknya
Comment Author Avatar
Penting bangett ya Mbak buat cek aki, oli, dll. Motor jadi enak dipakenya.
Comment Author Avatar
Motor anakku juga matic. Ternyata motor jenis itu memang harus servis secara teratur ya.. So far, anakku juga mbawa motornya ke Planet Ban saat servis rutin.
Comment Author Avatar
Wajib banget nih rajin ganti oli, udah dijadwalin, kalau ban nunggu budget dulu, hihihi tapi sekarang ini mau musim hujan juga harus cek ban. Untung kalau mau service ada planet ban, bengkelnya ada dimana-mana
Comment Author Avatar
waaah bisa gawat nih urusannya pas mau antar jemput anak tetiba motor mogok karena abis oli atau aki mati, hiks. harus rajin dan gak sampai lupa nih servis motor di Planet Ban