Mengapa Renang Harus Menggunakan Pakaian Khusus?

Bahan baju renang


Renang menjadi aktivitas yang banyak digemari, termasuk oleh anak-anak. Selain membuat suasana hati gembira, renang juga bisa memaksimalkan tinggi badan lho. 

Saat berenang, anak disarankan menggunakan perlengkapan khusus renang salah satunya baju renang. Mengapa dan bahan apa saja yang bisa dipilih? Berikut ulasannya.

Mengapa Harus Memakai Baju Khusus Renang?

Kolam renang mengandung klorin sebagai zat penjernih air. Paparan klorin dalam waktu lama ternyata membuat kulit menjadi kering lho.

Terlebih saat menggunakan kolam renang umum yang juga dipakai oleh banyak orang. Ini bisa menjadi sarang bakteri.

Beberapa bahan baju renang yang direkomendasikan memiliki ketahanan terhadap hal tersebut sehingga paparan zat yang tidak bermanfaat bisa diperkecil. 

Selain itu, renang membutuhkan keleluasaan gerak di dalam air. Jika berenang menggunakan pakaian berbahan katun misalnya, tentu akan terasa berat karena sifatnya yang menyerap air. 

Serat katun yang terlepas juga bisa menyumbat filter air di kolam renang. 

Jenis-jenis Bahan Baju Renang

Setelah mengetahui banyak manfaat dari menggunakan pakaian khusus renang saat melakukan aktivitas air ini, berikut beberapa bahan yang bisa dipilih. 

  • Nylon

Nylon bisa dipilih karena karakternya yang ringan, pas di badan, cukup elastis, mudah dicuci serta tidak gampang menyerap air. 

Meskipun nylon juga memiliki kekurangan yaitu kurang tahan terhadap paparan klorin. 

  • Polyester

Polyester memiliki berbagai kelebihan, misalkan saja bahanya tahan terhadap paparan klorin, memiliki ketahanan kain yang cukup baik, lebih cepat kering serta mampu melindungi tubuh dari paparan sinar matahari. 

Minusnya, bahannya kurang elastis dan tidak selembut bahan lain seperti lycra

  • Lycra

Lycra menjadi bahan pakaian renang yang sangat direkomendasikan. Alasannya karena sifat kainnya yang lentur, fleksibel, bersifat licin sehingga meminimalkan terjadinya sobekan. 

Lycra memang sudah banyak digunakan dalam industri olahraga, misalkan saja sebagai bahan celana untuk pesepeda. 

Nah, setelah mengetahui beberapa bahan baju renang, kini tak bingung lagi bukan saat mencari baju renang untuk si kecil? 

Referensi:

https://www.bahankain.com/2023/08/15/6-rekomendasi-kain-yang-bagus-untuk-baju-renang

https://pixabay.com/id/photos/laut-ombak-gadis-air-anak-anak-5429546/

Posting Komentar untuk "Mengapa Renang Harus Menggunakan Pakaian Khusus? "