Menjaga Kulit Tetap Lembap Usai Berenang

cara mengatasi kulit kering pada anak


Berenang memang menyenangkan, namun salah satu efeknya akan membuat kulit menjadi kering. Tentu nggak mau dong kulit si kecil kering bersisik, busik bahkan bisa menjadi iritasi?

Kenapa sih kulit bisa menjadi kering setelah berenang? Bagaimana mengatasinya, simak yuk lewat ulasan berikut!

Penyebab Kulit Kering Setelah Berenang

Klorin merupakan salah satu penyebab kulit menjadi kering usai berenang. Klorin biasa dipakai sebagai penjernih air serta membunuh patogen yang berada di dalam air.

Saat klorin bercampur dengan zat-zat atau kotoran tubuh, seperti urine, sel kulit, keringat hingga make up maupun deodoran bisa menimbulkan kloramin atau yang sering disebut bau kaporit yang menyengat.

Cara Mengatasi Kulit Kering Usai Berenang

Selain berenang dengan batas waktu yang tidak berlebihan serta sebaiknya memakai baju khusus renang, berikut ini beberapa cara agar kulit menjadi lembap kembali.

  • Jangan Lupa Gunakan Sunscreen Khusus Anak

Selain klorin, paparan sinar matahari juga bisa menyumbang kulit menjadi kering. Sinar matahari terdiri dari sinar UVA dan sinar UVB.

Sinar UVA bisa mempercepat aging sementara sinar UVB adalah penyebab kulit menggelap/burning. Menggunakan sunscreen yang tahan air beberapa saat sebelum turun ke kolam renang akan memberi perlindungan ekstra pada kulit si kecil.

  • Bilas

Penting untuk membersihkan diri secara menyeluruh usai berenang karena bisa menghilangkan sisa klorin yang masih menempel pada tubuh anak.

  • Penuhi Asupan Air Putih

Kebutuhan air putih pun harus terpenuhi. Anak disarankan untuk mencukupinya agar kelembapan kulit terjaga. Orang tua bisa menggunakan tempat air yang lucu agar anak semangat minum air putih.

  • Gunakan Pelembap

Selanjutnya, anak bisa menggunakan pelembap atau lotion khusus untuk mereka. Produk ini akan membantu kulit menjadi lembap secara instan.

Pilih produk yang menggunakan bahan alami, sebaiknya hindari memakai produk dengan pewangi. Penting juga untuk memerhatikan komposisi produk secara keseluruhan, pilih produk dengan komposisi paling minimal.

Ibu juga bisa bantu melembapkan tubuh bayi dengan menggunakan minyak sweet almond lho.

Berenang memang menyenangkan meski membuat kulit cenderung kering. Agar acara berenang anak semakin seru dan kulit kering teratasi, jangan lupa siapkan perlengkapan renang serta praktekkan beberapa kiat di atas ya! 

Referensi:

https://www.halodoc.com/artikel/7-cara-merawat-kulit-bagi-yang-suka-berenang

https://www.halodoc.com/artikel/suka-berenang-hati-hati-4-bahaya-kaporit-untuk-kesehatan

https://www.dove.com/id/stories/tips-and-how-to/tips-keringat/tips-mencegah-kulit-kering.html

https://pixabay.com/id/photos/perenang-muda-anak-menendang-papan-2494906/

Posting Komentar untuk "Menjaga Kulit Tetap Lembap Usai Berenang"